Amsyong! Utang China Naik 4 Kali Lipat dari PDB

Berita Lainnya: Ramai Orang Kaya RI Obral Aset-Berburu Vaksin AS, Tanda Apa?
Link: bit.ly/3hTiz86

Utang China naik 4 kali lipat dari PDB nya, ditambah semakin banyak obligasi korporasi yang gagal bayar dalam 18 bulan terakhir. Kondisi ini membuat pertumbuhan ekonomi China kian melambat. Hingga semester satu tahun ini jumlah total obligasi korporasi yang gagal bayar di China mencapai USD 9,68 Miliar terbesar sejak tahun 2014.

Simak informasi selengkapnya dalam program Power Lunch di CNBC Indonesia (Rabu, 21/07/2021) berikut ini.

Terus ikuti berita ekonomi bisnis dan analisis mendalam hanya di www.cnbcindonesia.com/ .

CNBC Indonesia terafiliasi dengan CNBC Internasional dan beroperasi di bawah grup Transmedia dan tergabung bersama Trans TV, Trans7, Detikcom, Transvision, CNN Indonesia dan CNN Indonesia.com.

CNBC Indonesia dapat dinikmati melalui tayangan Transvision channel 805 atau streaming melalui aplikasi CNBC Indonesia yang dapat di download di playstore atau iOS.

Follow us on social:
Twitter: cnbcindonesia

Facebook Page: CNBCIndonesia/

Instagram: cnbcindonesia
cuap_cuan

Tiktok: bit.ly/38BYtJx

Spotify: spoti.fi/2BR7KkT

Komentar

  1. Binantin Simanjuntak

    Binantin Simanjuntak15 jam yang lalu

    Hutang Cina tambah 4x lipat, tapi singir Cina naik 1000x lipat,cina punya hutang semua cincai,cina punya singir jg coba coba tdk bayar.

  2. Ardiansyah Firdaus

    Ardiansyah Firdaus2 hari yang lalu

    πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘ berita yg Bagus

  3. ANTON CH

    ANTON CH4 hari yang lalu

    Media barat ngga bisa dipercaya. Yang penting uang hasil ngutang ngga dikorupsi pasti ada hasilnya.

  4. Arif Nirwara Janujati

    Arif Nirwara Janujati4 hari yang lalu

    China berhutang utk di utangkan lagi melalui proyek2 BUMN China ke negara2 lain dan mereka dpt margin dr situ.

  5. Aryo Rivan No TANKER

    Aryo Rivan No TANKER4 hari yang lalu

    Waow

  6. Diyan Ravin N.

    Diyan Ravin N.4 hari yang lalu

    Buat apa ngurusin utang china, negara sendiri aja utang Membengkak

  7. Bim Bim

    Bim Bim2 hari yang lalu

    Buat apa ngurusin hutang negara, mending urusin hutang lu sendiri, udah di bayar belum?? Atau pura2 lupaπŸ€ͺπŸ˜‚

  8. Bus mania Official

    Bus mania Official5 hari yang lalu

    Gue juga punya utang ....

  9. Chandra prayogo

    Chandra prayogo5 hari yang lalu

    Oh no

  10. Andrian

    Andrian5 hari yang lalu

    Untung Indonesia utangnya cuman 30% terhadap PDB jauh dari maksimal yg ditetapkan oleh UU yaitu 60%, dan mayoritas utang kita berasal dr utang dalam negeri sekitar 70% dr total utang Indonesia dan sisanya adalah ULN.

  11. Herry Xu Jr.

    Herry Xu Jr.5 hari yang lalu

    Utang? Kertas!

  12. Juny Di bulan july

    Juny Di bulan july5 hari yang lalu

    pura2 byk hutang,biar g d salahkan msalah datangnya virus corona klo brasal dr china

  13. Pejuang Nafkah

    Pejuang Nafkah5 hari yang lalu

    Trkdang gw bingung , China memberikan pjman ke Luar negeri , Smntara dia bnyk utang , yg jdi prtnyaan sya , Ngra mna sih yg gk punya utang.?

  14. HDI

    HDI5 hari yang lalu

    Ga penting banget selama produktif ga masalah. Kecuali tagline nya "tak sanggup bayar jatuh tempo" nah ini baru bermasalah walaupun 30% dari PDB tetep aja masih ga mampu bayar jatuh tempo

  15. diki rian

    diki rian5 hari yang lalu

    Kan tadi udah disebutkan gagal bayar, artinya pendapatan mereka ngak mampu membayar kembali hutangnya.

  16. Aidra Ryujin

    Aidra Ryujin6 hari yang lalu

    Gw udah prediksi tahun lalu yuan bakalan anjlok karena krisis kepercayaan thd china semenjak awal covid.

  17. Romi Kurniawan

    Romi Kurniawan7 hari yang lalu

    Cina itu licik walau pun ada utang pasti bisa lunas mereka.yg kerja ama orang cina pasti tau.

  18. Dedi Kusuma

    Dedi Kusuma7 hari yang lalu

    1. Kopi robusta arabica asli dari Bandung yang gak bikin dompet nangis, yuk kepoin IG kita: wajan_grup_indonesia 2. Mau masak tapi garam abis ? jangan khawatir pesan dari kita Yuk kepoin IG nya : wajan_grup_indonesia 3. Bosen makan ayam terus, mau beli bebek tapi gatau kemana belinya ? Yuk kepoin IG nya : wajan_grup_indonesia

  19. Al Husaini

    Al Husaini7 hari yang lalu

    Masih mending china lah, mereka negara produsen dunia. Lah indonesia

  20. Al Husaini

    Al Husaini6 hari yang lalu

    @Historycal Anthem sekarang Indo lebih condong ke China bro, apa2 China

  21. Historycal Anthem

    Historycal Anthem6 hari yang lalu

    Masih meding indo lah indo negara netral banyak teman lah Cina Kana kiri samping basah musuh semua wkwkwkkwkwkwk

  22. haki ki

    haki ki7 hari yang lalu

    tinggal bikin berita soal toleransi, telorisme & virus buat pengalihan isu.

  23. azies 124

    azies 1247 hari yang lalu

    AS yg katanya adidaya juga utang nya gede. Tp ga pake jaminan asset negara.

  24. Randi Okky

    Randi Okky7 hari yang lalu

    Liat berita ttg cina Pasti ada aja case yang kayak gini => Yang kritik cina langsung dicap kadrun => Yang mendewa dewakan cina disebut non kadrun Emang isi Indonesia cuma kadrun dan non kadrun Hadeeeeeeh

  25. Chandra prayogo

    Chandra prayogo5 hari yang lalu

    Pemuja china nyimak

  26. Nover Awuy

    Nover Awuy7 hari yang lalu

    Ternyata Negara yg Suka Kasi Hutang buat negara lain memiliki Hutang yg Ga Ketulungan 🧐 Ternyata Negara yg saat ini ekonomi terkuat di Dunia ketergantungan Hutang Juga dan malah naik 4 kali lipat 🧐.. waduhhhhh naik 4 kali lipat maka total Hutangnya brp yaa

  27. diki rian

    diki rian5 hari yang lalu

    Mereka ngasih hutang Karena ingin gali lubang tutup lubang, mereka berhutang dengan bungan 1% lalu mereka kasih ke Indonesia misalnya dengan bunga 2% begitulah jadinya.

  28. riki wahyudi

    riki wahyudi7 hari yang lalu

    Kaliann jangan terlalu benci sama china kasiann tahu dia sama juga manusia kayakk kaliann bukan saya mendukung siapa siapa di sini

  29. MSD Group

    MSD Group7 hari yang lalu

    CNBC milik pengusaha yahudi AS dan di ajak kerja sama oleh Chaeril Tandjung. Usaha kok sama pengusaha yahudi AS?

  30. Samsudin Samsudin

    Samsudin Samsudin7 hari yang lalu

    Makanya bikin corona biar bisa jualan vaksin ngerti nggak luuuuuu

  31. Samsudin Samsudin

    Samsudin Samsudin7 hari yang lalu

    Mampus lah kau

  32. Lord Rangga Sasana

    Lord Rangga Sasana7 hari yang lalu

    Hanya SUNDA EMFIRE lah yg bisa menentukan

  33. N d r a a YT

    N d r a a YT7 hari yang lalu

    Bocot Lu Ngetot Utang Indonesia Gimana Trus Gimana Bunga Uang Nya

  34. Yusuf Maulana

    Yusuf Maulana7 hari yang lalu

    Gak butuh berita dari cina apa pentingnya...tau...ngapain ngurusin cina...mending ngurusin negara sendri...berita kagak penting

  35. starlete 7 starlete 7

    starlete 7 starlete 77 hari yang lalu

    idport.info/award/video/ZKem2Id3d4avsIQ

  36. Yusr Hal

    Yusr Hal8 hari yang lalu

    Nga ngerti yg dimaksud yg mana kalo 4 x PDB artinya 400% PDB setara 65 trillion dollar. Setahu sy utang Jepang paling tinggi kalo dilihat dr rasio PDB, hampir 240%. Kalo nominal USA 20 trilion dollar (100% PDB)

  37. Ikhsan Al rosyid

    Ikhsan Al rosyid8 hari yang lalu

    ALHAMDULILLAH

  38. Ikhsan Al rosyid

    Ikhsan Al rosyid8 hari yang lalu

    ALHAMDULILLAH KENA AZAB

  39. Dak Din

    Dak Din8 hari yang lalu

    Santai lah. Diam2 cetak aja uang tu. Ga ada kertas, beli hutang aja.

  40. Anglosaxon Demise

    Anglosaxon Demise7 hari yang lalu

    Cakep

  41. Eka Winata

    Eka Winata8 hari yang lalu

    Anjay2 netizen sini kebanyakan magister ekonomi semua, btw jangan lupa bayar utang2 ente pada buat beli sayur yak

  42. Han S

    Han S8 hari yang lalu

    Moga berita ini salah dn hutang cina 75 Γ— lebih byk...πŸ€£πŸ˜ƒ

  43. gema

    gema8 hari yang lalu

    4 kali lipat dr PDB berarti 400% dr PDB.. kalo indonesia ada undang-undang yg melarang utang negara melebihi 40% dari PDB..

  44. Edot Edot

    Edot Edot8 hari yang lalu

    Knp sllu urusin negara orang urusin negaramu sendiri aj lebih buruk....πŸ˜‚

  45. Arpan lubis Lubis

    Arpan lubis Lubis8 hari yang lalu

    Manusia paling bebal! Setiap negara itu pasti ada berita antara bangsa babi!!

  46. Muammar Khadafy

    Muammar Khadafy8 hari yang lalu

    Rentenir Yang Tetap Untung Disaat Pandemi.

  47. opan rewa

    opan rewa8 hari yang lalu

    Nipu terus.... Hutang ...

  48. Baong Tea

    Baong Tea8 hari yang lalu

    Narasi PEMBENARAN Tambah Utang Negara adalah HAL LUMRAH/BIASA!

  49. puji santoso

    puji santoso8 hari yang lalu

    smua negara jg pnya utang, sklipun adidaya sprti amerika. masalahnya di indo rakyatnya trllu nyinyir & sok kyk ahli ekonomi dadakan. dikiranya utang negara sama dg utang bank titil 🀣🀣🀣🀣

  50. Dimas M

    Dimas M8 hari yang lalu

    Aowkowkwkw

  51. cuman lewat

    cuman lewat8 hari yang lalu

    Awas lho,, bunga hutang ga ke bayar,,malah hutang melonjak.!! Sasarannya,, rakyat lagi lah.. !!0

  52. vladimir putin

    vladimir putin8 hari yang lalu

    Kalau utang indonesia gimana mbak?

  53. adamarztmakbr

    adamarztmakbr5 hari yang lalu

    Pak Putin gak usah tau, mending pesta vodka saja Eh maap Yassalam

  54. Nendra Neilendra

    Nendra Neilendra8 hari yang lalu

    Ganti Presiden Sejinping.. Kasian masyarakat china makin banyak yg susah cari kerjaa... Hutang semakin naikkk, pemerintah suka Zholimm... πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  55. Ariel Dilaga

    Ariel Dilaga8 hari yang lalu

    Wajar lah mahluk hidup byknhutang piutang

  56. Ahmmad Ismail

    Ahmmad Ismail8 hari yang lalu

    China utang tapi cepat mengembalikan utangnya ekonomi china terbaik dunia

  57. radhitya hawari

    radhitya hawari8 hari yang lalu

    jangan sampai isu ini digunakan sebagai pencitraan kondisi Indonesia di masa pandemi ini lebih baik ketimbang cina, karena tidak apple-to-apple

  58. 411 Baduy

    411 Baduy8 hari yang lalu

    mpok peduli banget ama cina

  59. Dahni Alamsyah

    Dahni Alamsyah8 hari yang lalu

    Tapi hutang yg dari negara lain naik nya berlipat lipat wkwkwkw termasuk negara yg pejabatnya suka main zuma wkwkwkw chuax

  60. Amel Putri

    Amel Putri8 hari yang lalu

    Semogga km bangkrut 😑😑😑

  61. team project review

    team project review8 hari yang lalu

    Yang korupsi import vaksin SINOVAC kira-kira siapa ya? Masa iya ngga ada. Males soalnya kalo ngomongin hutang karena ngakunya 11ribu trilliun ada di kantong sayah dan sayah(campur daon beringin) dan sayah lupah pernah janjih nggak bole bole bole rangkep jambantan. Koyok ngunipersitas ngimdonesiya dan komisyaris mbe um em eng. Eng ing Eng China Komunis pun ngutang tak iyek, para petugas parpol bisa kale nyontek nambahin ngutang ken yeng beyer rekyet ken ye. Bukanye mak mbanteng ken yeeeee. Iye yey ye yeeeeyy yeeeeyyyy #kapekoloyo #pirlykopter

  62. Habibie 789

    Habibie 7898 hari yang lalu

    Bodoni. seng utang Indonesia ke Cina nek iku bener.emboh iku utang e Piro ke Cina Indonesia...???

  63. Lambang Mulia

    Lambang Mulia8 hari yang lalu

    kalo hutang di komen tapi bantuan aja mau terima terus, mikir, jangan cuma jelekin pemerintah terus kalo yang jadi presiden bukan pak Jokowi, mau gak bagi bagi bantuan , Doa aja supaya Covid cepat berlalu,.

  64. Kepong Kedai

    Kepong Kedai8 hari yang lalu

    Semoga cepat bangkrut,,,,perusak dunia

  65. Eddy Suwito

    Eddy Suwito8 hari yang lalu

    Sadar cuk

  66. Sukarno Sukarno

    Sukarno Sukarno8 hari yang lalu

    Negara pemuj hutang rakyat menderita. Korupsi dimana2 Bansos utk rakyat pun di korup.

  67. LISTIANI

    LISTIANI8 hari yang lalu

    Masa..ko bisa mom

  68. agus P

    agus P8 hari yang lalu

    Hutang gpp gak bayar gak papa.. paling2 lama2 juga di ihklasin sama yang ngutangin..

  69. man aiman

    man aiman8 hari yang lalu

    lagi nunggu sarjana ekonomi lulusan youtube indonesia berdebat di koment

  70. Anton Wijaya

    Anton Wijaya8 hari yang lalu

    Berita HOAX, dari mana 4x pdb? Cuma us$9,68 milyar, cadangan devisa China us$3 trilliun, pertumbuhan ekonomi China 12% H1.

  71. Sirhan bumulo

    Sirhan bumulo8 hari yang lalu

    Kasi aja sama Cina pulaw Kalimantan πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ™

  72. Raka Adhitya Mukti

    Raka Adhitya Mukti7 hari yang lalu

    Kemakan hoax ya?

  73. Sirhan bumulo

    Sirhan bumulo8 hari yang lalu

    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ mantap pembangunan untuk cina lagi

  74. Ni'matun Nuriyah

    Ni'matun Nuriyah8 hari yang lalu

    Info ini dihembuskan untuk dijadikan inspirasi indonesia agar tidak segan untuk terus berhutang...

  75. william robert

    william robert8 hari yang lalu

    INGAT YA UTANG CHINA 4X PDB, UTANG INDONESIA MENYENTUH 1/2 DARI PDB PUN BELUM NYAMPE, GAK USAH JAUH2 BANDINGKAN SAMA TETANGGA SINGAPORE AJA LAH, LIAT DATANYA. GW KOMEN GINI BIAR LU PADA HARGAI KERJA KERAS PEMERINTAH, YA EMG SEBAGIAN KECIL ADA YG OKNUM YG KORUP KITA SEMUA BENCI(BAHKAN G MALU MASIH MUNCUL D TV), TAPI MOHON HARGAI YANG BENAR2 MENGABDI

  76. william robert

    william robert8 hari yang lalu

    @Anton Wijaya tim cnbc salah nih berarti?

  77. Anton Wijaya

    Anton Wijaya8 hari yang lalu

    Berita HOAX, dari mana 4x pdb? Cuma us$9,68 milyar, cadangan devisa China us$3 trilliun, pertumbuhan ekonomi China 12% H1.

  78. Zoldyc

    Zoldyc8 hari yang lalu

    China utangnya ke mana yaa??

  79. Mohamad Rio darmawan

    Mohamad Rio darmawan8 hari yang lalu

    China banyak hutang tapi uangnya ada dimana mana terutama utang Indonesia ke china

  80. Dodih Supriyadih

    Dodih Supriyadih8 hari yang lalu

    Tenang ada Indonesia yg bantu. !!

  81. Ahmmad Ismail

    Ahmmad Ismail5 hari yang lalu

    @Jo udah tau singapura urutan pertama

  82. Jo

    Jo5 hari yang lalu

    @Ahmmad Ismail singapuor yg lebih besar ngasih hutang ke Indonesia.. bukan cina.!!

  83. Ahmmad Ismail

    Ahmmad Ismail8 hari yang lalu

    Indomesia minta tambahan utang ke china

  84. Agus

    Agus8 hari yang lalu

    Awas...jebakan hutang cina....

  85. Baly 103

    Baly 1038 hari yang lalu

    Yg ngutang siapa yaa tolong bayar dong jgn malu2in.. Maaf saya berkata gini karna tak merasa punya utang..

  86. Marz Alerz

    Marz Alerz8 hari yang lalu

    Cina banyak utang Krn buat investasi di bnyk negara. Jikalau negara lain udh d kuasai, disitu dunia akan dikuasai oleh cina.

  87. Ksatria Putih

    Ksatria Putih8 hari yang lalu

    bgtu RAPUHnya ekonomi berlandaskan UTANG! kena KOMBO gagal bayar ekonomi MLAMBAT! 😀 😠

  88. Wahyu_PA

    Wahyu_PA8 hari yang lalu

    Ini beneran? Mohon maaf mau tanya ke bosman dan pengikutnya, mohon detailnya gmana ya? katanya china nyetak uang sendiri,,, no offense ya, hanya bertanya dengan baik, terima kasih

  89. Jack Borneo

    Jack Borneo8 hari yang lalu

    bosman taiii cuma bacot doank

  90. Bocah Palagan

    Bocah Palagan8 hari yang lalu

    Hadiah kopid kali ini?

  91. n3wb1e

    n3wb1e8 hari yang lalu

    Klo cina mah tenang2 aja, babunya kan banyak. Salah satunya Indonesia kita iniπŸ˜‚πŸ€£πŸ€£

  92. Jo

    Jo4 hari yang lalu

    @n3wb1e jngn sempat x an jual tanah2 kalian.

  93. n3wb1e

    n3wb1e4 hari yang lalu

    @Jo buka mata bang, lihat kiri kanan kita. Banyak kok buktinya, kalau abng bukan babu cina abng harus bersyukur, klo ada waktu jalan2 ke Sulawesi, disini saudara2 kita banyak yg kerja seperti babu, kerja lebih gaji kurang, Yg saya tulis ini pendapat saya, apa yg saya lihat dan jalani. Jujur sya juga sedih dengan negara kita ini tpi kenyataan gk bisa ditutupi. Kita jadi pendatang di negara kita sendiri dan pendatang jadi tuan rumah.

  94. Jo

    Jo5 hari yang lalu

    gua orang Indonesia.. tp gua bukan babu nya cina.klw komen bagus dikit.. GK Smua orang Indonesia babu nya cina.

  95. dwi arian

    dwi arian8 hari yang lalu

    Bangganya,,parah pemuda gagal jaman sekarang

  96. dedik hermawan

    dedik hermawan8 hari yang lalu

    gmn sih ngutang semua,,

  97. seventar sadja

    seventar sadja8 hari yang lalu

    kalau utang negara kita udah brapa ya mbak.

  98. Yaman M

    Yaman M8 hari yang lalu

    Cina ngutang nya ke siapa ya?

  99. Xiao Sandy

    Xiao Sandy8 hari yang lalu

    Pertanyaan bagus. Belajar minimal corporate finance dong biar paham dan SDM kita tambah bagus. Biar ga kek kebanyakan komentator bodoh lain di sini 😁

  100. Dhessy Maharani

    Dhessy Maharani8 hari yang lalu

    Coba Klu Di indonesia sdh nitizen +62 trending Klu bahas mslh Hutang Dan Di provokasi Oleh para pokitikus wes tambah rame πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  101. Riki Alfatih

    Riki Alfatih8 hari yang lalu

    buzzer pasti otak nya anggap, nah cina aja banyak hutang nya indonesia msh sedikit hutang nya, dalam tanda kutip mereka samakan china sma indonesia 🀣🀣

  102. Riki Alfatih

    Riki Alfatih8 hari yang lalu

    @parasoxc emg tp klo mau di banding kan sma negara china yg maju sma negara kita berkembang brarti otak nya kurang waras

  103. parasoxc

    parasoxc8 hari yang lalu

    Emang pada dasarnya negara besar banyak utangnya kok,kaya jepang aja utangnya sape ratusan ribu triliun cwiiw

  104. Dedek Septiyanto

    Dedek Septiyanto8 hari yang lalu

    Msh tenang tinggal keruk SDA Indonesia, mumpung jalannya msh terbuka lebar..

  105. Dedek Septiyanto

    Dedek Septiyanto8 hari yang lalu

    @parasoxc hehehe yg nyebut warga keturunan Tionghoa siapa? Keluarga saya jg ada keturunan Tionghoa.. Videonya kan tentang china, nikel sdh di kuasai china, yg baru2 org china nambang emas di kampung2.. Ingat ya org china bukan warga keturunan Tionghoa..tolong bedakan

  106. parasoxc

    parasoxc8 hari yang lalu

    Bisa sebutkan apa saja sda yang udah dikeruk cina?

  107. parasoxc

    parasoxc8 hari yang lalu

    Gini ya ,yang diindo itu hanya keturunan cina,ya gak bakal nguntungin negara cina lah orang dia tinggal diindo,gimana sih.

  108. Iwan Sutrisno

    Iwan Sutrisno8 hari yang lalu

    Wkwkwk wkwkwk kelar pada dapet untung nih🀣🀣🀣🀣🀣

  109. SinisterCr03

    SinisterCr038 hari yang lalu

    Amsyong dr hongkong. Siapa yg berani nagih utangnyaaaaaa

  110. Jemmy Rafsanzani

    Jemmy Rafsanzani8 hari yang lalu

    Media China memberitakan hutang cina membengkak 4x lipat pdb , analis ekonomi bs melihat ini adalah strategi licik dr cina

  111. Jemmy Rafsanzani

    Jemmy Rafsanzani8 hari yang lalu

    @Anton Wijaya harus dilaporin berarti pak CNBC ini , menyebarkan berita palsu ya

  112. Anton Wijaya

    Anton Wijaya8 hari yang lalu

    Berita HOAX, dari mana 4x pdb? Cuma us$9,68 milyar, cadangan devisa China us$3 trilliun, pertumbuhan ekonomi China 12% H1.

  113. Izma Solbing

    Izma Solbing8 hari yang lalu

    Hidupp indonesia raya

  114. Samuel Damanik

    Samuel Damanik8 hari yang lalu

    Sempat diINDo. dah ada yg demo bilang revolusi πŸ˜œπŸ˜†πŸ˜„

  115. vodcat

    vodcat8 hari yang lalu

    Org jelata pengangguran males biasanya bgitu

  116. Wiko Putra

    Wiko Putra8 hari yang lalu

    Pantesan ngancam2 mulu, gertak in taiwan sm jepang. Menghibur diri mungkin

  117. Zinchenko Kolarov

    Zinchenko Kolarov6 hari yang lalu

    😁

  118. The Netizen

    The Netizen8 hari yang lalu

    Indonesia menunggu giliran

  119. _ HNSTR

    _ HNSTR8 hari yang lalu

    Lg mbangun kerajaan perang Info dah buat amrik,kalo digempur skrg bubar itu cina..

  120. Mastoto Toto

    Mastoto Toto8 hari yang lalu

    Waduh,,,,klo Bisa2 nagih hutang πŸ˜€

  121. Klan Dullrohman

    Klan Dullrohman8 hari yang lalu

    Makin kaya negara makin besar utangnya... Tp makin tinggi aset atau devisanya.

  122. Lucky perdana

    Lucky perdana8 hari yang lalu

    Utang naik ekonomi semakin naik jg Beda di sama di wakanda

  123. Gus Yudha

    Gus Yudha8 hari yang lalu

    Nahlo, pilihannya akan jatuh ke oprasi militer.. dan akhirnya WW3

  124. Mirza Van Nicolas

    Mirza Van Nicolas8 hari yang lalu

    Ahhh biasa sajaaa... sudah terbiasaaa menjadi budak china, gara gara siapaaaa?? Hayoo gara gara siapa?? Ngaku yg pertama bikin indonesia berkembang dari bangunan dan infrastruktur dan ternyata semua berawal dri situ.. hebat anda membuat kami terus jdi budak china sampai negeri ini bisa di ambil alih nantinya.. liat aja, tapi sebelum gw di budakin china gw pastinya akan meninggal terlebih dahulu sebelum akan tiba masanya kalian menjadi budaknya kembali

  125. AMANA LIFE

    AMANA LIFE8 hari yang lalu

    Maaf.lanjut 3 periode dg janji kampanye bayar utang dan ekonomi meroket..... Joss.lanjuuut.maaf

  126. khong guan

    khong guan8 hari yang lalu

    @AMANA LIFE sumpah aku ga ngrti mbak mas ngeyel apa. Duh wes kah. Bisa ga nyaranin buat jadwal project bagus mana Notion ama Mindomo? Kali aja tau lah gitu sering ngitung utang negara pasti proyeknya gede. Mindomo sama Notion sama2 bisa buat proyek team, cuma interfacenya beda. Karena lo ada buat balesin komen saya, coba dong bantu buat produktivitas gue. Fuiyooh

  127. AMANA LIFE

    AMANA LIFE8 hari yang lalu

    @khong guan πŸ˜€maaf.hidup fans pak luraaaah πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€dah lah angkat tangan dah kalo berhadapan dg fans panatik pak lurah.maaf yeee.

  128. khong guan

    khong guan8 hari yang lalu

    @AMANA LIFE yg ngefans sapa oi. Ganteng aja kagak. Trololol. Cuma ngingetin. Hidupkanlah hidupmu. Banyak kemungkinan yg blm lo eksplor ketimbang pusing ngitung utang. Duh sedih anak muda jaman skrg mikir utang.

  129. AMANA LIFE

    AMANA LIFE8 hari yang lalu

    @khong guan maaf.loh gua bilang 3 priode msh aja kau baper , gua bilang ekonomi meroket salah juga. 🀦hidup fans pak joko dah lah.PERNAH ADA BERITA BPK MELAPORKAN UTANG NEGARA MEMBENGKAK bner kaga itu ya? mudah2n kaga bnr.MUDAH2AN UTANG NEGARA CINA YG MEMBENGKAK YA πŸ˜€.KARENA INDO DI REZIM SEKARANG MAH KAGA UTANG2 .SMUA SWASEMBADA NO IMPORT2 πŸ˜€πŸ‘.JOSSSS .4 PRIODE.mantap πŸ‘.MAAF.

  130. khong guan

    khong guan8 hari yang lalu

    Ini utang milik cina. Bukan milik indonesia. Baik bgt sih mkirin negara yg ga ngurusin kmu sbg rakyatnya

  131. asal uploud83

    asal uploud838 hari yang lalu

    Mampus lu...!!

  132. Yusdar Edaran

    Yusdar Edaran8 hari yang lalu

    Srimuliya dimana.

  133. Ryan Se'eng

    Ryan Se'eng8 hari yang lalu

    Suruh mereka yg ngutang dan setelahnya mereka mengadakan rapat utk korupsi besar besaran.. mereka yg pantas bayar.. rakyat ngerti juga engga..

  134. Jaksa Bao

    Jaksa Bao8 hari yang lalu

    HARTA TIDAK DIBAWA MATI, TP UTANG DIBAWA MATI. Dunia sungguh adil ...

  135. Andre Setiawan

    Andre Setiawan8 hari yang lalu

    @Polyglot Plays setujuu. Kalo pola pikirnya kayak gitu mah pasti males"an buat cari harta. Gimana mau maju coba kalo pemikirannya harta gadibawa mati

  136. Andre Setiawan

    Andre Setiawan8 hari yang lalu

    Emang harta gadibawa mati, tapi yang make + ngelola hartanya kan keturunan" lu pas lu udah meninggal.

  137. Polyglot Plays

    Polyglot Plays8 hari yang lalu

    Anak mu dapat harta. Coba pola pikirnya di ubah. Cari harta bukan cari utang.

  138. Mango Mobile

    Mango Mobile8 hari yang lalu

    Cina utang kemudian dipinjamin ke negara lain salah satunya indo lumayan dpat bunganya

  139. Xiao Sandy

    Xiao Sandy8 hari yang lalu

    Orang awam ekonomi di kalangan masyarakat kelas bawah begini toh πŸ˜…

  140. Feby Ardiansyah

    Feby Ardiansyah8 hari yang lalu

    Tenang kan ada pulau natuna dan kalimantan bro...

  141. Feby Ardiansyah

    Feby Ardiansyah8 hari yang lalu

    @Griffin Marwen27 lahh yang ngomong pulau di gadeiin sapa bos... Jangan baper .... Itu masalah utang negara lain bro... Nihhh ane jelasin ya kalau Indonesia itu kaya akan sumberdaya alam apalagi pulau natuna dan Kalimantan.. Berpikir lah yang positif bro nanti cepet tua...

  142. Griffin Marwen27

    Griffin Marwen278 hari yang lalu

    emang kau diam di pulau mana,gadaiin aja itu pulau jawa indo ngutang kab bnayakin bangun pulau jawa jalan ya mulus di pulau jawa goblokπŸ‘ŽπŸ‘ŽπŸ‘ŽπŸ‘Ž